Pendakian Puncak Pawitra Gunung Penanggungan

Diposting pada
Pendakian Gunung Penanggungan – Padatnya aktifitas di Kota Surabaya sedikit banyak membuat pikiran lelah. Mulai pekerjaan yang menumpuk, urusan kampus, urusan keluarga sampai urusan asmara…hehehe. Piknik merupakan salah satu cara untuk membuat pikiran fresh kembali, dampaknya langsung ke tubuh sehingga terasa fresh dan segar kembali. Alhasil, semangatpun mulai berkobar-kobar. Begitu kembali ke Surabaya, segala urusan siap diselesaikan secara adat.
Pendakian Puncak Pawitra Gunung Penanggungan
Pilihan liburan kali ini jatuh pada Puncak Pawitra alias Gunung Penanggungan. Gunung penanggungan memiliki ketinggian 1653 mdpl, meskipun tak setinggi gunung – gunung pada umumnya yang sekitar 3000an mdpl, keindahan yang di tawarkan puncak pawitra tak kalah dengan gunung-gunung lainya seperti Gunung Arjuno dan Gunung Welirang yang terhitung masih tetanggaan. Justru dengan ketinggian 1653 mdpl, membuat Gunung Penanggungan ramai di kunjungi, terutama bagi kaum wanita. Waktu pendakian yang singkat serta medan pendakian yang tidak terlalu berat menjadikan Gunung Penanggungan sebagai salah satu tempat pendakian favorit kaum wanita.
Rute pendakian yang saya lalui yaitu melalui tamiajeng, salah satu jalur resmi yang paling populer sebab dari sini jarak pendakian menjadi lebih singkat dibanding dari jalur lainnya seperti via jolotundo, via Kunjoro wesi, dan via gajah mungkur. Dari pos 1 via tamiajeng menuju puncak bayangan membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam, di tengah-tengah perjalanan terdapat pos 1, pos 2, pos 3 dan pos 4 untuk tempat istirahat. Waktu tempuh dari masing-masing pos kurang lebih antara 15-30 menit. Di pos bayangan inilah tempat para pendaki mendirikan tenda, sebab para pendaki dilarang mendirikan tenda di atas puncak. Dikhawatirkan jika turun hujan sering terjadi petir dan angin kencang.
Pendakian Puncak Pawitra Gunung Penanggungan

Perlu di perhatikan bahwa, satu-satunnya sumber air hanya terdapat di pos masuk/pendaftaran, sehingga bagi para pendaki disarankan untuk membawa bekal air yang cukup. Sebagai pertimbangan, kemarin saya mendaki berempat membawa air satu jerigen dengan kapasitas 10 liter, mendaki mulai pukul 16:00 WIB dan turun sampai pos 1 lagi keesokan harinya pukul 09:30 WIB. Atau lebih mudahnya, satu orang membawa air 2 botol besar kapasitas 1,5 Liter. 

Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir Gunung Penanggungan.

Untuk harga tiket masuk dikenakan biaya Rp 10.000/orang
Untuk biaya parkir inap dikenakan biaya Rp 10.000/motor
Dengan harga tiket yang murah serta waktu pendakian yang singkat, Gunung Penanggungan tetap menawarkan keindahan yang luar biasa. Ketika malam hari terlihat kerap kerlip lampu kota yang indah, ketika pagi hari terlihat pemandangan Gunung arjuno-Welirang bagaikan sebuah lukisan raksasa.

Artikel menarik lainnya...

10 thoughts on “Pendakian Puncak Pawitra Gunung Penanggungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *