mendapatkan matched content

Cara Mendapatkan Matched Content Dari Google Adsense

Diposting pada

Mendapatkan Matched Content – Anda publisher adsense pemula seperti saya? Kebanyakan publisher pemula akan bertanya tanya tentang jenis-jenis iklan google adsense. Tapi kebanyakan sudah tidak asing dengan jenis iklan text, banner dan in feeds. Ada jenis iklan yang tidak terdapat diakun baru, tentu anda pernah melihat iklan jenis ini. Dimana biasanya iklannya berupa artikel dengan tampilan seperti relate post yang pada umumnya terletak diakhir postingan. Iklan google adsense seperti related post ini disebit Matched Content atau artikel terkait. Tujuan google adsense memberikan iklan jenis match conten yaitu untuk meningkatkan jumlah page view blog.

Mendapatkan Matched Content

Setiap publisher adsense pasti ingin mendapatkan uang jutaan rupiah dari google adsense. Namun untuk mewujudkan impian tersebit tentu membutuhkan kerja keras dan mengorbankan wakti yang cukup melelahkan. Terlebih jika baru mengenal blog, anda harus belajar ilmu dasar blog, membangun blog, membuat artikel siang dan malam, mendaftarkan blog ke google adsense, mengalami penolakan, hingga akhirnya diterima google adsense. Ketika kita sudah diterima pun bukan berarti akan sukses, masih butuh perjuangan agar bisa menghasilkan banyak dolar dari google adsense.

Baca juga : Cara sekali daftar google adsense langsung full approve

Pada pembahasan kali ini akan saya kupas Apa itu matched content? Bagaimana cara mendapatkan matched content google adsense? Bagaimana cara menempatkan iklan matched content yang bagus?  Match content merupakan sebuah artikel blog yang ditampilkan secara acak oleh google adsense. Fungsinya sama seperti related poat, yaitu untuk meningkatkan pageview agar pengunjung semakin betah berselancar didalam blog.

Bagaimana cara mendapatkan matched content ?

Mendapatkan Matched Content

Setelah saya perhatikan setiap blog yang pernah saya kunjungi, ternyata tidak semua blog yang ada iklan adsense memiliki matched content. Setelah saya cari tahu, yaitu mulai dari melihat jumlah visitor, banyaknya traffik, serta nilai alexa ternyata semuanya berbeda-beda. Ada yang memiliki banyak artikel tapi belum mendapatkan match content, ada yang memiliki banyak visitor juga belum mendapatkan match content. Apa saja syarat agar mendapatkan matched content? Lantas bagaimana dengan blog punakawanku yang sudah mendapatkan matched content? 

Baca juga : Penyebab blog selalu ditolak google adsense

1. Rutin menerbitkan artikel. 

Lagi-lagi harus rutin update artikel. Entah itu demi mendapatkan banyak visitor, merampingkan nilai alexa, agar diterima google adsense. Mengapa semuanya harus rutin update artikel? Sudah jadi pembahasan umum ya, kalau konten memang nyawa dari sebuah blog. Tapi untuk bisa mendapatkan matched content memang harus rajin dan rutin menerbitkan artikel. Ini akan berhubungan langsung dengan jumlah artikel yang anda miliki. Jangan sampai blog yang usianya tahunan, tapi artikel masih dibawah 100. Idealmya adalah, 100 artikel bisa dicapai 5 bulanan. Karena iklan match content tidak menampilkan iklan, tapi menampilkan artikel blog secara random. Kalau arrikelnya sedikit, apa yang ditampilkan di matched content? 

2. Jumlah Artikel

Mendapatkan Matched Content

Jika anda sering update artikel, tentu akan berdampak bagus untuk blog. Bagusnya adalah blog memiliki banyak konten. Nah, setelah saya baca-baca berapakah jumlah artikel blog agar bisa mendapatkan matched konten? Kebanyakan menjawab 200 keatas. Banyak banget kan? Tapi bagaimana dengan blog punakawanku? Artikel ini merupakan yang ke 136. Jadi saya mendapatkan matched content artikel sekitar 130an. Jika anda tidak rutin update artikel, tidak menutup kemungkinan sampai 200 artikel belum tentu mendapatkan matched content. Ini bukan pengalaman saya saja, dari teman saya mas umraici admin areakost juga sekitar 130an dan rutin update artikel. Karena ingat bahwa tujuannya dari iklan match content adalah meningkatkan pageview, melihat publishernya sering update artikel maka adsense membantu meningkatkan pageview melalui matched content.

3. Bounce rate atau perbandingan pengunjung dengan pageview

Bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan blog setelah hanya membuka satu halaman saja. Untuk bisa difasilitasi adsense dengan iklan match content maka nilai bounce rate harus bagus. Karena bounce rate bisa dijadikan tolak ukur artikel blog anda bagus atau tidak. Katakanlah begini, jika ada 1 pengunjung dari google, kemudian setelah selesai membaca tidak tertarik dengan artikel lainnya maka ada yang bermasalah dengan kualitas konten. Berbeda jika ada 1 pengunjung tapi telah membaca 10 artikel. Berarti konten blog anda berkualitas. Melihat konten berkualitas dan perilaku pengunjung seperti inlah google adsense memfasilitasi publishernya dengan iklan match content, dengan harapan jumlah pageview lebih banyak lagi. Sehingga kesempatan iklan mendapatkan klik tertarget semakin besar. Saat mendapatkan match content, blog punakawanku memiliki visitor 400an dengan pageview sekitar 1000an.
Untuk menghindari bounce rate yang jelek, hindari saling bw dan komen dengan menyebar link saling bw ke grup facebook. Terlebih jika blog anda masih minim pengunjung. Sudah dipastikan 1 pengunjung hanya akan membuka artikel yang anda request untuk di bw.

4. Iklan di optimasi dengan baik.

Dalam halaman resminya, google menyebutkan jika ingin mendapatkan fitur iklan matched content maka iklan harus di optimasi dengan baik. Dioptimasi disini bukan berarti menempatkan iklan sebanyak-banyaknya didalam blog. Meskipun sudah tidak ada pembatasan pemasangan jumlah unit iklan, tetapi cara ini tidak berdampak bahkan akan membuat loading blog berat. Di optimasi disini adalah bereksperimen dengan letak iklan dan ukuran iklan. Untuk eksperimen peletakan iklan seperti blog punakawanku bisa menjadi referensi. Yaitu di bawah judul, tengah artikel, akhir artikel berukuran responsif. Kemudian dibagian sidebar iklan banner ukuran 300×600. Untuk yang tengah artikel adalah iklan in feeds ads. Kemudian di sidebar bawah dekat label saya pasangi iklan tautan adsense.

Lalu bagaimana dengan traffik blog? Apakah untuk mendapatkan matched content harus memiliki traffik blog yang tinggi?

TIDAK, dari dua blog yaitu blog punakawanku dan teman saya traffiknya berbeda. Teman saya traffiknya memang sudah ribuan, tapi traffik blog punakawanku masih jauh dibawahnya. Ini berarti traffik tidak berpengaruh. Yang penting adalah perilaku pengunjung tadi, jika satu pengunjung organik mampu menghasilkan 10pv bahkan lebih, google adsense akan segera memfasilitasi anda dengan match content agar pengalaman pengunjung semakin puas.

Seberapa besar pengaruh matched content terhadap penghasilan google adsense?

Kalau untuk yang satu ini saya katakan kondisional. Tergantung niche dan relevan atau tidaknya iklan dengan pengunjung. Tapi dengan adanya fitur iklan matched content google sendiri berharap penghasilan publishernya meningkat.

Pemberitahuan saat blog punakawanku mendapatkan matched content

Pada saat blog kita mendapatkan match content, maka akan ada pemberitahuan pada dashboard adsense tepat dibawah laporan penghasilan. Lebih tepatnya seperti gambar dibawah ini…
Mendapatkan Matched Content
Bagaimana dengan anda? Ingin segera mendapatkan matched content google adsense? Saran saya selalu sama, selamat bereksperimen dengan google adsense. Semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar jika dirasa masih ada yang kurang dimengerti.

Artikel menarik lainnya...

12 thoughts on “Cara Mendapatkan Matched Content Dari Google Adsense

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.