cara meningkatkan bpk adsense

Cara Meningkatkan BPK Adsense Indonesia Yang Cenderung Kecil Agar Penghasilan Meningkat

Diposting pada

Cara Meningkatkan BPK adsense – Google adsense merupakan salah satu periklanan yang diminati banyak blogger dibelahan dunia manapun. Sebab sampai sejauh ini hanya google adsense yang terbukti membayar para publishernya dengan harga yang tinggi. Bayaran dari google adsense ini dihitung per klik atau sering disebut BPK atau CPC. BPK (Biaya per klik)/CPC Cost per Click) adalah sistem pembayaran adsense yang dihitung dari banyaknya pengunjung yang melakukan klik iklan/harga per klik. Nilai per klik iklan yang dilakukan pengunjung jumlahnya berbeda-beda. Tergantung jenis iklan dan target lokasi iklan. Pengunjung dari luar negeri terkenal memiliki BPK/CPC yang tinggi. Sehingga besarnya nilai BPK atau CPC sangat berpengaruh untuk meningkatkan penghasilan google adsense.

Di Indonesia, besarnya BPK atau CPC tidak sebesar BPK luar negeri. Inilah salah satu penyebab yang dikeluhkan blogger Indonesia. BPK yang sangat kecil membuat para publisher di Indonesia sulit mendapatkan penghasilan yang tinggi dari google adsense. Sehingga jika ingin mendapatkan penghasilan yang besar dari google adsense salah satu caranya adalah dengan meningkatkan BPK atau harga per klik google adsense. Tips cara meningkatkan BPK google adsense ini sudah diterapkan di blog punakawanku. Sehingga dalam beberapa minggu terakhir BPK rata-rata di atas 5000 bahkan pernah sampai Rp. 17.000.

Cara Meningkatkan BPK Adsense dengan Cepat

Yakinlah, jika ada usaha pasti akan ada hasilnya. Semoga cara meningkatkan BPK adsense ala blog punakawanku juga bisa diterapkan di blog sobat semua. Sehingga teman-teman bisa merasakan gajian setiap bulan dari google adsense.

1. Pilih Niche Yang Tepat Untuk di Monetize Iklan Google Adsense

Saya pernah membuat artikel tentang 5 hal yang harus dipersiapkan sebelum membangun blog. Poin pertama yang harus dipersiapkan adalah menentukan niche yang tepat, yaitu niche yang memiliki BPK tinggi dan menyesuaikan dengan hobi. BPK disini untuk menentukan besarnya penghasilan blog, sedangkan memilih niche sesuai hobi dapat menentukan kemajuan blog. Sebab blog yang tidak sesuai dengan passion penulis, 90% akan berhenti ditengah jalan. Ada baiknya silahkan baca dahulu niche blog yang selalu ramai pengunjung.

Lalu bagaimana cara mengecek nilai BPK pada sebuah niche? untuk yang satu ini silahkan cari di google ada banyak. Yang jelas, blog dengan niche otomotif dan asuransi sejauh ini memiliki cpc yang tinggi. Adapun niche yang saya sarankan lainnya adalah :

  • Internet
  • Komputer
  • Teknologi dan Gadget
  • Fashion
  • Kecantikan dan Perawatan
  • Perumahan
  • Travelling
  • Tutorial
  • Parenting
  • Produk yang anda buat sendiri (DIY)

Dari beberapa niche diatas, silahkan pilih yang sesuai hobi anda. Usahakan pilihlah satu niche, atau boleh gado-gado asalkan masih sedikit nyambung. Contoh niche yang tidak nyambung adalah kesehatan dan otomotif.

2. Mengatur Posisi Iklan Untuk Hasil Yang Maksimal

Untuk bisa menarik perhatian pengunjung terhadap iklan yang terpasang di blog, tentu posisi peletakan iklan sangat berpengaruh. Sehingga mengatur posisi iklan google adsense wajib anda perhatikan jika ingin penghasilan lebih dari google adsense. Silahkan atur posisi iklan yang sangat berpeluang dilihat oleh pengunjung, jangan sampai meletakkan iklan yang dapat mengganggu pengunjung dalam membaca artikel anda. Selain posisi,perhatikan juga ukuran iklan yang sesuai. Lalu seperti apa posisi dan ukuran iklan google adsense yang dapat meningkatkan penghasilan?

Untuk posisi artikel, anda bisa mencontoh blog punakawanku, yaitu di sidebar, awal artikel, tengah artikel, dan bawah artikel. Untuk ukuran, pilihlah ukuran iklan 300×600 untuk yang terletak dibawah artikel, sebab iklan dengan posisi ini sangat berpeluang untuk di klik. Selain bawah artikel, silahkan pilih ukuran responsive agar iklan nyaman dilihat pengunjung baik di tampilan mobile maupun desktop.

3. Blokir Iklan Yang Tidak Sesuai Niche & Yang Kurang Sopan

Tidak semua iklan google adsense yang tampil di blog anda sudah relevan dengan niche yang anda bahas, misal saja anda memilih niche kesehatan, maka agar iklan yang muncul tentang kesehatan semua, anda harus memblokir iklan yang tidak sesuai dengan topik kesehatan. Iklan yang relevan dengan topik yang dibahas akan memberikan nilai yang tinggi dibandingkan iklan pada blog gado-gado dengan iklan yang gado-gado pula.

Selain untuk meningkatkan penghasilan google adsense, memblokir iklan juga dapat memfilter kemungkinan iklan yang tidak sopan bahkan tidak layak untuk di tampilkan. Kita tahu bahwa akhir-akhir ini sering muncul iklan senonoh SUAMIKU …. . Jika iklan seperti ini tidak di blokir, maka akan membuat pengunjung risih dengan blog kita. Selain itu, iklan seperti ini juga dikenal dapat merusak nilai BPK.

4. Meningkatkan Pengunjug Blog

Pengunjung blog merupakan satu-satunya faktor yang akan menambah penghasilan google adsense anda. Semakin banyak pengunjung harian anda, maka semakin besar kesempatan anda untuk bisa merasakan gajian bulanan dari google adsense. Cara meningkatkan prengunjung organik cukup membuat artikel secara rutin dan melakukan promosi blog ke sosial media.

Keempat cara diatas cukup ampuh untuk meningkatkan penghasilan google adsense anda. Terlebih jika nilai BPK sudah membaik, tugas anda tinggal mencari pengunjung sebanyak-banyaknya agar peluang mendapatkan klik iklan juga semakin besar. Semoga tips cara meningkatkan BPK adsense dapat membantu meningkatkan penghasilan bulanan anda.


Artikel menarik lainnya...

32 thoughts on “Cara Meningkatkan BPK Adsense Indonesia Yang Cenderung Kecil Agar Penghasilan Meningkat

  1. Tidak mas.
    Saya pernah mencobanya. Pertama muncul iklan 4 jam saya langsung blokir pada iklan sensitif. Ternyata selang beberapa hari masih muncul. Ternyata setelah saya lihat pada setiap kategori, iklan 4 jam ada di kategori mobil&kendaraan, dan beberapa kategori iklan lainnya.

    Solusinya blokir lewat pusat peninjauan iklan mas, silahkan di lihat, begitu muncul langsung blokir.

    Semoga membantu…

  2. Terimakasih Kang Mursidi, saya sangat senang jika ada yang mau saling berbagi pengalaman.

    Untuk nomor wa sudah saya cantumkan di bagian footer. Bisa langsung di klik untuk chat langsung.

  3. Kalau blog personal emang gak terlalu cocok untuk adsense sih mas. Tpi justru blog personal bisa lebih menghasilkan, punya temen saya blog personal penghasilan dari adsense gak seberapa. Yg banyak dari artikel review sama CP…

    Tapi jangan salah, blog personal yang tulisannya bagus lbh mudah dpet subscribe atau pengunjung akan kembali untuk menanti tulisan terbaru.

  4. Gak lama kok gan. Setelah artikel nyampek 135an udah di kasih match content. Sempet tak buat artikel juga, bisa di cari lewat pencarian blog punakawanku. Cara mendapatkan match content…

  5. Halo kak…

    Untuk iklan yang kadang muncul kadang tdak itu biasanya faktor jaringan yang kurang wusss…
    Bisa juga karena loading bawaan blog yang berat, jadi iklannya kadang gak sampai ke load.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.