Cara Google Adsense Membayar Publishernya

Bagaimana Cara Google Adsense Membayar Publishernya?

Diposting pada

Cara Google Adsense Membayar Publishernya – Saya sendiri termasuk salah satu publisher adsense pemula. Sama seperti sahabat blogger lainnya, saya diterima oleh adsense full approve belum sampai setahun sejak tulisan ini dibuat. Akan tetapi waktu bukanlah halangan bagi saya, hampir setiap hari saya memperhatikan dashboard adsense saya, penasaran dengan cara kerja iklan google adsense yang tampil di blog sehingga selalu muncul pertanyaan dibenak saya bahkan mungkin anda yang baru saja diterima google adsense yaitu Bagaimana Cara Google Adsense Membayar Publishernya? atau Bagaimana juga perhitungan google adsense membayar publihernya? Pertanyaan demikian selalu muncul, sebab nilai atau nominal yang muncul di dashborad adsense saya berbeda secara drastis, kadang sehari dapat hingga ribuan, terkadang juga hanya dibawah Rp 100. Dari sinilah rasa penasaran bagaimana adsense membayar kita ini muncul.

Mengenal Istilah Perhitungan Iklan Google AdsenseSetelah saya membaca kesana kemari, ternyata ada beberapa jenis iklan dan perhitungan yang diterapkan oleh google adsense. Untuk jenis-jenis iklan saya yakin meskipun anda pemula sudah paham yaitu Iklan Banner, Iklan Teks, Iklan Tautan, Animasi dan beberapa jenis iklan lainnya. Lalu bagimana perhitungan iklan google adsense membayar kita?

Cara Google Adsense Membayar Publishernya

1. CPC ( Cost Per Click)

Atau jika dalam bahasa Indonesia adalah Biaya Per Klik atau yang sering disebut BPK. Untuk cara kerja perhitungan iklan jenis CPC adalah anda akan dibayar jika ada pengunjung yang melakukan klik iklan. Dan klik iklan tersebut harus natural, google adsense sangat melarang publishernya untuk melakukan klik iklan sendiri atau menyuruh pengunjung untuk melakukan klik iklan. Waspada invalid klik dapat menyebabkan banned akun adsense.

Baca juga :

Untuk besarnya BPK hanya google adsense yang mutlak menentukan, yang jelas BPK atau CPC ini nilainya selalu berubah. Antara 100 rupiah – puluhan ribu rupiah sekali klik iklan. Tergantung seberapa bagus kualitas blog dan artikel yang anda bahas.

2. CPM ( Cost Per Mille )

Jika dalam bahasa Indonesia artinya Biaya Per Seribu atau sering kita lihat di dashboard adsense sebagai BPS. Jadi, kita akan dibayar oleh google adsense per seribu kali halaman tayang. Untuk berapa jumlah yang dibayar, hanya google adsense yang mutlak menentukan.

3. CTR ( Click Through Rate)

Perhitungan jenis CTR adalah sebagai berikut,  jumlah klik iklan / jumlah iklan tayang. Misal sebuah iklan adsense berhasil ditayangkan diblog anda sebanyak 1000 kali dengan jumlah klik iklan dari pengunjung sebanyak 10 kali. Maka perhitungannya adalah 10/1000 = 0,001 = 0,1%

4. RPM ( Revenue Per Thousand)

Dalam bahasa Indonesia mudahnya adalah pendapatan rata-rata yang bisa didapatkan dari setiap 1000 impression. Untuk perhitungan secara rinci sudah dijelaskan oleh pihak google adsense. Silahkan baca Pendapatan Per Seribu Tayangan (RPM).

Dari beberapa jenis perhitungan diatas sudah jelas bukan. Bahwa besar kecilnya bayaran yang diberikan oleh google adsense tergantung pada klik iklan, tayangan dan impresi. Artinya untuk bisa mendapatkan uang melalui google adsense kita butuh pengunjung. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah blog anda akan cepat menghasilkan uang jika pengunjung masih sedikit? Sebab minimal payout yang ditetapkan google adsense adalah $100 atau Rp 1.300.000 dalam rupiah. Butuh berapa lama untuk bisa payout google adsense? Pengunjung sangat berpengaruh besar terhadap besarnya gajian melalui google adsense. Hal inilah yang perlu diketahui oleh para blogger pemula, mereka hanya tau kalau iklan adsense sangat menjanjikan. Padahal penghasilan blog itu tergantung banyaknya jumlah pengunjung. Apapun iklan yang anda pasang diblog, jika pengunjungnya banyak, maka akan menjanjikan untuk menghasilkan uang lebih banyak.Saya sendiri sadar dengan masih minimnya jumlah pengunjung diblog punakawanku, tpi tidak menutup kemungkinan kalau tahun depan sudah bisa merasakan gaji setiap bulan. Asalkan saya rutin menulis artikel dan memaksimalkan SEO. Sekian artikel bagaimana perhitungan google adsense membayar publishernya. Semoga mampu dipahami oleh publisher pemula.

Google adsense bukanlah segalanya. Dalam dunia blogging, hal terpenting adalah membuat artikel bermanfaat sebanyak-banyaknya untuk menjaring ribuan visitor setiap hari. Karena pengunjung adalah UANG.


Artikel menarik lainnya...

2 thoughts on “Bagaimana Cara Google Adsense Membayar Publishernya?

  1. iya sih mas, gak sebesar yang diharapkan banyak blogger (pemula, terutama yg penasaran belum dapet GA.
    cuma kalo bagi saya sih dapet GA itu kayak blog kita terakreditasi
    lama2 insha allah klo istiqomah kan ada hasilnya
    gak mungkin juga tiba2 banyak duit, bisa habis negara ini, hehe

  2. Yups. Semua ada prosesnya gan. Lambat laun penghasipan dari adsense lumayan kok. Tapi untuk yang masih baru. Jangan khawatir, jika konsisten pasti akan merasakan hal yang sama seperti para senior.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *