Jenis Penolakan Google Adsense

Jenis Penolakan Google Adsense dan Cara Mengatasi Email Penolakan Google Adsense

Diposting pada

Jenis Penolakan Google Adsense – Diterima google adsense full approve merupakan keinginan dari setiap blogger. Akan tetapi mendaftar google adsense agar diterima full approve bukanlah perkara mudah. Google adsense memiliki berbagai aturan yang ketat dan rumit yang sulit kita pahami dalam waktu singkat. Bahkan disaat kita sudah bisa memahami, google adsense sudah memiliki peraturan baru dan update algoritma terbaru.

Baca juga :
Banyak sekali blogger yang mengeluh akibat sering ditolak oleh google adsense, bahkan ada yang ditolak sampai puluhan kali. Yang sering membuat para blogger bingung adalah setiap penolakan selalu memiliki alasan yang berbeda-beda. Sehingga meskipun melakukan perbaikan secara benar, akan muncul penolakan baru dengan alasan lainnya. Oleh sebab itu, berdasarkan pengalaman bergelut dengan adsense hingga ditolak 11 kali saya ingin berbagi apa saja jenis penolakan adsense dan bagaimana cara mengatasi setiap alasan penolakan dari adsense. Akan saya ulas satu persatu dari jenis penolakan yang paling sering dialami oleh para blogger.

Jenis Penolakan Google Adsense dan Cara Mengatasinnya :

1. Konten Tidak Memadai.

Jika anda mengalami penolakan dengan alasan konten tidak memadai berarti sudah sangat jelas bahwa kualitas artikel anda kurang. Artikel yang berkualitas menurut google adsense adalah artikel yang kaya akan informasi dan sedikit gambar lebih banyak kata.

Cara Mengatasi

  • Buatlah artikel yang panjang. Usahakan sepanjang mungkin. Jika seudah mentok, usahakan terdiri dari 500 an kata.
  • Silahkan mulai mengurangi penggunaan gambar. Gunakanlah 1 gambar yang sudah mewakili isi artikel keseluruhan

2. Situs Tidak Sesuai Dengan Kebijakan Google Adsense.

Untuk masalah yang satu ini sering membuat para blogger yang ditolak dilema saat akan memperbaiki kesalahan. Akan tetapi alasan penolakan seperti ini biasannya disebabkan oleh beberapa hal. Diantarannya adalah :
  • Terdapat artikel atau gambar hasil copy paste
  • Jumlah artikel sangat sedikit
  • Artikel mengandung pembahasan yang berbau porno, judi, kekerasan, serta situs download.
  • Adanya halaman error 404
  • Tidak terdaftar diwebmaster tools
  • Kesalahan saat menempatkan kode iklan pada halaman yang minim pengunjung.

Cara Mengatasi

  • Silahkan hapus artikel atau gambar hasil copy paste. Terkadang kita tidak sadar bahwa gambar yang hasil asal comot dari google akan terkena copyright.
  • Isilah blog dengan content yang berkualitas yang tidak melanggar TOS google adsense.
  • Perbanyaklah artikel dengan jumlah kata 500an kata serta gunakan gambar secukupnya. Usahakan gambar buatan sendiri.
  • Hapus halaman error 404
  • Daftarkan blog ke google webmaster tools
  • Tempatkan kode iklan sesuai yang dianjurkan google. Biasannya disuruh diletakkan dibawah kode <head>
Baca juga :

3. Tidak Dapat Meninjau Situs

Pada alasan yang seperti ini biasannya yang sering terjadi adalah kesalahan penempatan kode iklan, sehingga bot google tidak bisa merayapi kode iklan yang sudah dipasang. Sangat mungkin juga blog anda memiliki loading yang sangat lambat,sehingga bot google saat merayapi blog membutuhkan waktu yang lebih banyak. Kesalahan lainnya biasannya terjadi kesalahan saat anda mencoba mengotak-atik robot.txt pada pengaturan blogger.

Cara Mengatasi

  • Silahkan letakkan kode iklan tepat dibawah kode <head> dengan benar. Jangan lupa parse terlebih dahulu. Di google banyak HTML converter untuk memparse kode adsense.
  • Silahkan ganti dengan template blog yang lebih ringan, tampilan sederhana, cerah dan Mobile friendly lebih disukai adsense.
  • Kembalikan pengaturan robot.txt kepengaturan default. Silahkan masuk ke Dashboard blogger kemudian pilih setting > preferensi penelusuran > robot.txt > Nonaktifkan > simpan

4. Navigasi Situs Sulit

Pada alasan penolakan berikut ini caranya tidak rumit. Anda mendapatkan penolakan seperti ini karena terdapat kesalahan saat membuat Menu Navigasi Blog di area Header. Tidak terpasang widget Popular post, Label, dan Arsip Blog. Tidak terdapat link yang mengaitkan artikel satu dengan artikel lainnya.

Cara Mengatasi

  • Buatlah Menu Navigasi dibagian header yang mempermudah pengunjung menjelajahi isi blog. Silahkan isi menu navigasi sesuai Label yang terbagi di blog anda.
  • Silahkan lengkapi widget Popular post, Label, dan Arsip Blog.
  • Buatlah link artikel terkait seperti yang terdapat didalam artikel ini. Terdapat perintah baca juga : bla bla bla yang mengarah keartikel lainnya.Sehingga akan membuat pengunjung lebih berlama-lama diblog.

5. Pastikan Situs Web anda Telah Sepenuhnya Rampung

Saat anda mengajukan permohonan kepada google adsense, sangat dilarang untuk mengutak atik template. Biasannya kebanyakan blogger pemula sering sekali mengutak atik template. Kalau tidak mengedit template rasannya ada yang kurang dalam belaja blog. Yang dikategorikan situs belum rampung adalah saat anda masuk ke Edit HTML, kemudian menambahkan atau mencopot widget.

Cara Mengatasi

Sebelum anda mengajukan permohonan kepada google adsense, usahakan sebulan sebelumnya anda sudah tidak megutak atik template blog. Ini akan berpengaruh terhadap cepat nya masa review oleh google adsense. Serta jangan sering gonta ganti template.
Semoga artikel yang mengulas jenis penolakan google adsense dan cara mengatasinnya diatas dapat membantu anda agar segera diterima google adsense full approve. Happy blogging:)

Artikel menarik lainnya...

5 thoughts on “Jenis Penolakan Google Adsense dan Cara Mengatasi Email Penolakan Google Adsense

  1. Sip, thanks gan sudah mengingatkan saya dengan dengan penolakan dulu yang saya alami. Kalau dari penolakan seperti digambar, dulu saya pernah ngalamin dan disebabkan karena setelah email penolakan, langsung saya ajukan kembali saat itu juga tanpa melakukan perbaikan. Jadi alasannya seperri itu, tidak spesifik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *