Cara Menempatkan Kode Iklan Adsense Dengan Benar

Diposting pada

Cara Menempatkan Kode Iklan Adsense – Salah satu penyebab suatu blog ditolak oleh google adsense adalah ketidaktahuan saat meletakkan iklan. Tidak sedikit kasus yang dialami para blogger selalu ditolak oleh google adsense dengan alasan tidak dapat meninjau pengajuan anda. Mengapa demikian? saat meletakkan kode iklan adsense, biasannya tidak anda parse terlebih dahulu, sehingga google adsense kesulitan saat mereview blog anda. Adsense menilai anda belum meletakkan kode iklan adsense atau bisa juga salah saat meletakkan kode iklan adsense sesuai yang dianjurkan.

Meletakkan kode iklan adsense dengan benar

Agar blog anda segera direview oleh google adsense, anda harus melakukan parse terlebih dahulu kode iklan adsense sebelum anda letakkan di blog. Ada banyak tools gratis untuk parse kode html, anda juga bisa memanfaatkan tools parse kode html yang tersedia di blog punakawanku dengan gratis. Sudah saya sediakan dibagian menu navigasi > Tools > HTML Converter.
Setelah anda memparse kode, barulah kode iklan bisa anda pasang diblog. Letakkan kode iklan tepat dibawah kode <head>, kemudian jangan lupa simpan. 
 
Cara diatas merupakan Penempatan kode iklan adsense saat anda pengajuan. Dibawah ini akan saya bahas tentang peletakan kode iklan adsense saat anda sudah diterima full approve sebagai publisher. Peletakan kode iklan ini merupakan langkah yang harus dilakukkan setelah diterima google adsense yaitu memasang iklan.

Meletakkan iklan adsense di blog :

Langkah selanjutnya saat anda sudah diterima google adsense adalah memasang iklan di blog di beberapa bagian. Beberapa iklan yang saya pasang dibeberapa bagian blog bisa menjadi referensi untuk anda memasang iklan. Penempatan iklan adsense ini sudah umum di terapkan oleh kebanyakan blogger. Berikut ini Penempatan iklan adsense secara umum:

1. Iklan Header

Cara Menempatkan Kode Iklan Adsense
Contoh iklan header

Iklan header merupakan iklan adsense yang dipasang tepat di bawah logo blog atau diatas menu navigasi, iklan di header berpeluang besar untuk dilihat lebih banyak pengunjung. Cara menempatkan iklan di Header adalah :

  • Masuk ke dashboard adsense
  • Pilih my ads > Ad unit > New add unit >
  • Kemudian beri judul iklan sesuai posisi penempatan agar mudah untuk mengontrol.
  • Jangan lupa setting ukuran iklan Responsive tujuannya agar saat tampil di mode desktop dan mobile iklan tidak ada yang terpotong.
  • Silahkan anda copy kode iklan adsense, kemudian pasang di bawah Header.
Kode iklan tidak perlu anda parse karena langsung diletakkan melalui tata letak blog.

2. Page Level Ads

Cara Menempatkan Kode Iklan Adsense
Overlay ads

Page level ads merupakan iklan yang hanya tampil di mobile saja. Iklan ini akan muncul dibagian bawah layar dan bisa diminimize jika pengunjung merasa terganggu. Iklan page level ads cukup membantu meningkatkan pendapatan iklan adsense. Untuk memasang iklan page level ads silahkan ikuti angkah berikut :

  • Silahkan masuk ke dasboard adsense
  • Pilih my ads > Page level ads
  • Jangan lupa sebelum mengambil kode iklan aktifkan dahulu Anchor/Overlay ads dan Vignette ads.
  • Kemudian silahkan ambil kode nya.
Cara meletakkan kode iklan Page Level Ads
  • Masuk ke Dasborad Blog.
  • Pilih Tema > Edit HTML
  • Jangan lupa parse kode terlebih dahulu disini
  • Silahkan copy kode hasil parse
  • Letakkan tepat dibawah kode <head>
  • Kemudian simpan.
Cara Menempatkan Kode Iklan Adsense
Vignette ads

Iklan adsense yang peletakkannya harus melalui edit HTML, jangan lupa agar di parse terlebih dahulu.

3. Iklan Sidebar

Cara Menempatkan Kode Iklan Adsense
Iklan Sidebar

Iklan sidebar merupakan iklan yang tampil pada bilah samping blog. Iklan sidebar berupa iklan banner dan kebanyakan menggunakan ukuran 300×250. Untuk meletakkan iklan pada bagian sidebar cukup mudah, silahkan tambah iklan baru seperti cara diatas, jangan lupa beri judul iklan sesuai posisi, dan letakkan iklan melalui tata letak blog dan menambahkan widget html/javascript.

4. Iklan di tengan postingan

Cara Menempatkan Kode Iklan Adsense
Iklan tengah artikel

Iklan ditengah postingan merupakan favorit para blogger untuk mendapatkan klik dalam jumlah banyak, karena setiap pengunjung yang membaca artikel sudah pasti melihat keberadaan iklan. Untuk memasang iklan berada di tengah artikel caranya sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

Silahkan Baca :
Kesimpulan saat anda meletakkan kode iklan adsense adalah, jika meletakkan kode iklan harud edit html / edit template, jangan lupa untuk parse terlebih dahulu. Tapi jika memasang iklan cukup melalui tata letak, anda tinggal copas code kemudian save. Semoga bermanfaat:)

Artikel menarik lainnya...

4 thoughts on “Cara Menempatkan Kode Iklan Adsense Dengan Benar

  1. Kalau untuk yang dibawah tag head itu biasanya untuk masa review saat pendaftaran mas. Tapi ada iklan yang kodenya dipasang di bawah tag head saat sudah diterima, namanya page level ads. Untuk penampakannya silahkan cari diblog ini judulnya CARA MENEMPATKAN KODE IKLAN ADSENSE. Disitu sudah saya bahas nama dan tampilan iklan adsense.

    Kalau dibawah tag body, kalau gak salah saya dulu masih awam banget pernah masang. Tampilnya di bawah footer. Mohon maaf kalau salah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.